KaKaEn Part One; Pre-KaKaEn

Assalamu’alaikuum dear readers,

Udah lama banget kayanya ngga nulis sesuatu di sini, sampe bersin bersin dan garuk-garuk hidung *sniffs*. Apa kabar para pembaca setiakuuu *EAAA*? Semoga semuanya sehat yaa, tubuhnya, hatinya, pikirannya dan.. dompetnya.

Setelah beberapa waktu, akhirnya kami (maksudnya saya) sampai juga pada salah satu destinasi masa studi pendidikan strata satu di Indonesia, Ka Ka En (Kuliah Kerja Ngelamun) atau kepanjangannya adalah Kuliah Kerja Nyata. Nyata banget pengorbanannya dalam segi materi dan non-materi, keikhlasannya (meninggalkan kasur dan kawan-kawannya yang nyaman di kamar) dan kejauhannya (meskipun saya engga hehehe..).

Kata kaka kelas, yang udah KaKaEn sebelumnya, KaKaEn itu seru dan ngangenin. Ngangenin bareng sama orang-orang baru dan berkawan dengan mereka. Ada juga sih cerita yang ngga seru-seru amat atau malah kesannya horror misalnya kecurian (okay, itu ngga serem), liat penampakan (nah ini maksudnya yang tadi dibilang serem), cinlok (serem bagi yang udah punya pasangan baik resmi, tidak resmi atau sok-sok resmi ajalah) sampai dikejar harimau (yang ini serius!!). Dari semua cerita kaka kelas, ngga seru kalo bukan kita tokoh di dalamnya, yang menjalani pahit-asam-manis-gurih-asin-lada dalam Sinema Terbesar Terdahsyat TerWahWah dalam kehidupan mahasiswa strata satu pada umumnya yaitu KaKaEn! *tebar bunga deposito*

Berhubung si saya ini belum KaKaEn, tepatnya akan sih tapi sekitar 23 Juni tahun ini, maka yang akan diceritakan hanya sebelum KaKaEn aja *penpnton kecewa, lalu pulang*. Semoga ini cerita menginspirasi adik-adik atau teman-teman yang nanti mengalami KaKaEn juga dan tidak merasa ditipu. Why? Jadi, ‘katanya LPPM’ <—- (ini reference paling diakui seantero mahasiswa UPI kala itu) pendaftaran KaKaEn online dilaksanakan pada tanggal 13 s.d. 14 Mei 2014. Kalo pemikiran saya sih kenapa ada kata ‘sampai dengan’ ya? Apa artinya pendaftarannya itu jam 12 malem TENG atau jam 12 lebih-lebih dikit atau jam 1 ngga lebih ngga kurang (?). Hal ini menyebabkan kegalauan masal di kalangan muda-mudi UPI *muda-mudi?*.

Lalu, pas tanggal 12 Mei itu yaa, sehari setelah saya ulang tahun (ngga nanya da) ada info yang ngasih tau bahwa lokasi KaKaEn udah bisa dibook. Langsung tancap gaaaassss ke warnet terdekat karena khawatir ngga kebagian lokasi di sekitar Bandung hehe.. Dan alhamdulillaah, dapet di Sukajadi a.k.a. deket PeVeJe hahahaha. Seneng karena sukses dapet yang deket sama kosan, agak sedih karena ga bisa jalan jalan jauh gitu kaya yang lainnya. Tapi ya udahlah, yang penting deket sama keluarga hehe. Jadi kalo kangen kan gampang pulangnya :D. Dengan sukacita, kupulang membawa senyum di bibir yang kering kaya cimol kering *akibat lari-lari barusan*. Dan pas sampe di kosan, banyak yang bilang itu cuma simulasi. Rasanya tuh galau dan kecewa, *hanas lulumpatan ih da* <— kalo mau ngerti tolong nanya ke native speaker yaa.

Dapat dibayangkan euforia kegembiraan beberapa orang yang dapet lokasi sesuai harapan lalu dibanting keras-keras waktu tau itu cuma simulasi. Sakitnya tuuuuh di sini *nunjuk liver*. Kesimpulan saya sih ya, yang ngga kebagian lokasi sesuai keinginan, berharap itu hanya simulasi. Dan yang kebagian lokasi sesuai keinginan, itu bukan simulasi. Kayanya sih gitu, kayanya… Dan benar, itu hanya simulasi. WHAAATTT??!

Keesokan harinya, saya menunggu waktu pendaftaran itu dibuka dengan nyata sambil ngantuk ngantuk reload bagian daftar di web www.kkn.lppm.upiedu (tuh kan sampe hafal). Karena tuntutan sebagian besar mahasiswa, maka akun twitter resmi KKN UPI 2014 bilang bahwa pendaftaran online dilaksanakan pada pukul 4 sore sehingga diharapkan tidak mengganggu perkuliahan. OKESIP. JAM 4 YA, AWAS KALO SIMULASI LAGI.

Selesai kuliah Ibu E**, tanpa ba-bi-bu, pulang ke kosan dan cari warnet yang masih ada tempat kosongnya. Di warnet tersebut, ada beberapa orang yang udah stand by di depan layar computer sama kaya saya, bedanya saya baru dateng. Mereka kayanya sih pengen ngeklik barengan, supaya bisa satu kelompok gitu deh. Lalu saya di pojokan, sendirian, mereka mah rame-rame hiks.. Tepat pukul empat sore, DATABASE ERROR. Udah direload berkali-kali tapi tetep aja, AAARRRRGGGH… Kayanya cuma minta sama Allah aja deh yang mempan “Ya Allah, abdi ulah tebih teuing KaKaEn na ya Allah.. Hoyong di dieu weh nu caket ka kosan. Aamiin!!” Lalu keajaiban itu datang, bisa klik booking dan saya langsung pilih tema MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) dan lokasi sedekat-dekatnya. Awalnya milih Isola, ternyata ngga tersedia. Gerlong juga ngga tersedia huhu di mana lagi atuh. Lalu coba klik Sukajadi, horeeee bisa. Alhamdulillaah.. What a hard struggle!

Kasian juga temen-temen yang ngga dapetin sesuai keinginannya. Ada yang gagal barengan sama temennya, ada yang gagal pilih lokasinya, ada yang malah ngga kebagian. Well, all I can say is “Everything happens for a reason”. Jadi di mana pun kita dapet lokasi KaKaEn, kita jalani aja dengan wajah-wajah perindu belas kasih Tuhan agar dimudahkan KaKaEn nya, ditentramkan hatinya meski lokasinya itu panas membara atau pernah dibilang neraka bocor sama temen *tenang aja, temen kita itu belum pernah ngerasain neraka kok*, dihangatkan jiwa raganya meski dingin menggerogoti setiap ujung jemari *jangan lupa bawa selimut yang bisa menghangatkan hati yaa, kaya kamuuu, iya kamu hehe*, diberikan teman-teman yang kooperatif dan lingkungan yang kondusif juga bebas dari berbagai halangan, gangguan dan musibah yang ngga diharapkan. Kalo bukan kita yang jalani KaKaEn ini, siapa lagi? Kalo ngga jalani KaKaEn ini sekarang, mau ngulang lagi taun depan? Kalo ngga ikutan KaKaEn, ya ngga ‘mahasiswa’ dong hehe.

S.E.M.A.N.G.A.T.K.A.K.A.E.N.2.0.1.4. S.E.M.U.A.N.Y.A.A.A.A.A.A.A 😀

Wassalamu’alaikuuum.. ❤

 

Leave a comment